Jelapis, agar-agar berlapis santan

Kali ini saya kembali untuk mereview produk. Gak berbayar,tulus dari dlm hati. Cuma dapet produk ini mang gratisan sih, dikasih temen.
Ceritanya, saya paling gak suka sama agar-agar. Entah kenapa, kekenyalan atau bentuknya yang bening atau apa yg saya juga tidak bisa menjelaskan.
Cuma saya masih inget, dulu saat masih kecil, (alm) nenek saya suka bikin agar-agar dengan lapisan santan. Agar - agar tsb warnanya coklat. Rasanya okelah.
Sampai 2 minggu lalu, temen kantor membawakan produk agar-agar instan dengan merk 'jelapis'. Ugh,apa pula ini? Di kotaknya tertulis, agar-agar lapis santan. Hmmm, penasaran juga sih. Temen saya membawakan jelapis rasa gula jawa.
Terus temen yg kasih ini produk, maksa utk bikin di kantor. Hadeeh, repot ye. Mana ada kompor di kantor. Alhasil, mencoba bikin keluar dari pakem yg ada di kemasan. Nekat? Why not?
Krn sedikit takut gagal, saya cuma bikin setengah resep. Tanpa alat ukur, semua secara kira2. Sok teu bnerrr,:)
Kemasan dibuka, tuang bubuk setengah di gelas. Lalu ambil air dari dispenser dgn ukuran jg kira2 (pilih hot ya), trs air dalam wadah tsb dipanaskan lagi lewat microwave sampe mendidih. 30 detik sebelum air mendidih, bubuk jelapis yg harum tsb, ahemm, aku campur dgn air panas dari dispenser, lalu diaduk hingga bubuk larut sempurna. Bersamaan dgn itu, air dari microwave dikeluarkan. Lalu bubuk yg sudah larut dicampur ke dalam wadah air mendidih sambil diaduk dan tercampur sempurna. Selebihnya, agar agar lapis santan dibiarkan dingin di ruang terbuka. Ohiya, saking penasaran, gitu proses mengaduk selesai, saya pun mencoba rasanya, hmmm.. jujur nih, rasanya enak loh.
Karena bikinnya dgn ukuran kira2, waktu yg dibutuhkan utk mengeras pun agak lama. Tapi begitu jadi, langsung disergap ma temen2 di kantor dan ludes dalam sekejapp. Semuanya juga setuju, kalo rasanya enakkkk.
Secara masih ada bubuk yang tersisa, dibawa pulang deh ma temen kantor. Dia bikinnya lebih sempurna, maka dari itu, utk gambar, minta izin utk upload yg dia bikin.
Karena dptnya gratisan. Kata yg ngasih, jelapis tersedia di supermarket. Harga? Secara dikasih, yg ngasih gak mau kasih tahu,;). Cara pembuatan jg minim gagal. Saya aja yg ngasal, tetep jadi tuh, dan gak usah takut kalo lapisan santannya bercampur. Produk ini memakai teknologi utk bisa memisahkan santan, jadi lapisan santan di bagian atas pasti terbentuk. Denger2 sih ada beragam rasa, ada pandan, kopyor, mocha, dll. Berharap suatu saat ada rasa coklat gitu...
Photo by Fayza Ridwan

Comments

Post a comment

Popular Posts