Teh tea shaiy chai

Dulu gw penggemar teh, kalo sekarang sih byasa aja. Kalo lagi mudik ke medan, ngeteh di pagi hari itu wajib. Knapa? Karena tante-tante gue di sana adalah pembuat teh susu terenak sedunia. Lebay kan? Tapi emang bener. Lebih enak dari teh tarik di malaysia, sebanding ma teh susu di indihe.

Mereka bikin tehnya gak pake merk teh terkenal , tp pake teh bubuk dari perkebunan teh di sumatera utara *yg rata -rata diekspor* dan dijual di pasar atau nitip ma orang perkebunan. Tehnya di rebus pake air panas trus disaring baru ditambahin susu kental manis. Mau susunya kebanyakan atau gak,tetep aja teh susu buatan mereka enak.

Bagi mereka , ngeteh susu ini ritual wajib di pagi n sore hari dan bisa lebih sering. Kalo gue, cukup sekali antara pagi or sore krn jadwal ngopi yang juga wajib. Gue udah pernah belajar bikinnya tapi tetep aja rasanya masih jauhhhh dari harapan.

Lain di medan , lain di Malaysia n Singapore yg juga terkenal dgn teh tariknya. Saat jalan ke dua negara tsb , teh tarik itu pasti dipesan saat makan siang , sore dan makan pagi. Cuma biasanya segelas sharing diminum bersama nyokap dan adik. Bisa dipesan dengan or tanpa es. Teh tarik ini juga byasanya dibikin dengan susu kental manis. Saking sukanya, keluarga gue sering beli produk instan buatan Malaysia tapi rasanya juga jauh dari harapan.

Ada teh susu, ada teh pake mint yg juga menjadi minuman wajib bagi mereka di timur tengah n afrika utara. Teh ini cukup terkenal di Maroko. Dulu saat di Arab gw pernah skamar ma orang Maroko , tyap pagi , bangun tidur , minum teh ini wajib. Gw pasti di ajak minum bersama. Teh yang dipake biasanya teh hijau, teh biasa juga bisa sii. teh direbus bersama dgn daun mint. Setelah matang, diminum dengan gula. Gak pake gula juga enak krn daun mint yang menyegarkan. Daun mint yang enak itu berasal dari Medinah, rasanyaaaa .. unbeatable. harganya jg gak mahal,seplastik gede sekitar 30-45ribu rupiah. Teh dengan mint ini gue bisa bikin sih, hampir seperti aslinya, bedanya cuma di aroma mint kita di Indonesia yang gak terlalu kuat.

Di maroko,teh dgn mint ini bisa ditemui dimana - mana, sepertinya udah jadi minuman national mereka. Bahkan di beberapa hotel menjadi minuman untuk menyambut tamu hotel. Oh iya,teh ini disajikan bukan dgn cangkir tp pake gelas kecil, jadi skali teguk juga habis. Dan kita bisa minta tambah tanpa dikenakan biaya tambahan.

Orang Inggris yg dulunya menjajah India juga punya ritual minum teh di pagi dan sore hari. Karena itu juga,mereka punya standar utk kualitas teh yg cukup bagus. Biasanya teh dari perkebunan di india atau srilanka jd pilihan. Ahmad tea adalah merk yang cukup terkenal disana dan rasanya juga enak. harganya jg gak mahal - di inggris ye,tapi disini tetep aja mahal.

Di india dan srilanka , harga teh lumayan murah dengan berbagai macam merk yang rasanya hampir sama enaknya. Bahkan di srilanka teh dijual dgn varian rasa buah. Kalo gue sih gak suka yg macem-macem , cukup yg standar dan teh hijau yang byasanya gue minum di malam hari.

Sekarang ini juga ada teh dari bunga chammomile, dari rasa gue sih gak suka tapi dari manfaat, teh ini cukup baik untuk segala penyakit yang berhubungan dgn perut , dari sakit pms utk wanita , perut kembung, maag kumat dan rasa ga nyaman lainnya. Teh ini bukan menyembuhkan sakit tp ada zat didalam chammomile yg bisa mengurangi dan menghilangkan rasa sakit tsb. Kalo gak salah teh ini juga bagus untuk mempermudah tidur.

Di rumah , minum teh jadi ritual wajib bagi nyokap dan adik. Nah, daripada bubuk teh tersebut dibuang, byasanya ma nyokap diinepin semalam - teh celup or bubuk tsb ditambahin lg air panas setengah cangkir. Keesokan paginya air tersebut dipake utk cuci muka sebelum mandi. Ada yang cocok dengan cara ini, ada yg enggak. Yang gak cocok byasanya jerawatan or berasa gatal. Hasil dari ritual ini adalah muka berasa lembab dan bagi gue adalah pemutih alami bahkan menghilangkan flek hitam di muka. Bukan hanya gue , tp nyokap juga merasakan hal yang sama. Beberapa mnggu lalu gue main di laut , kulit terbakar , agak menghitam, seminggu ritual teh ini , skarang sudah hampir normal spt smula. Sjak pake teh di pagi hari , gue udah gak pernah lagi pake obat dokter. Keseharian keluar rumah cuma pakai sunblock . Ritual teh ini udah gue lakuin hampir 3thn, kadang ada masa males atau klupaan dan baru teringat saat kulit muka kering. 

Setelah teh diinapkan dipake utk cuci muka, baru deh bubuk teh tersebut dibuang ke tanah dgn harapan tanah lebih subur *teori gue aja sii sbenernya*.

Comments

Popular posts